Di masa yang akan datang SMP Muhammadiyah 2 Medan adalah Sekolah yang berkeinginan kuat untuk " TERBENTUKNYA MANUSIA MUSLIM YANG DISIPLIN, CERDAS, TERAMPIL, BERIMTAQ DAN BERWAWASAN IPTEK”
VISI SEKOLAH
Visi sekolah tersebut tergambar di dalam indikator - indikator sebagai berikut :
1. Unggul dalam peningkatan dan Pengembangan Isi Kurikulum
2. Unggul dalam peningkatan dan pengembangan tenaga Pendidik dan tenaga Kependidikan .
3. Unggul dalam peningkatan standar proses pembelajaran
4. Unggul dalam peningkatan dan pengembangan fasilitas pendidikan.
5. Unggul dalam peningkatan standar kelulusan dengan sub indikator
6. Unggul dalam peningkatan mutu Pengelolaan Kelembagaan dan Manajemen.
7. Unggul dalam pengembangan standar pembiayaan pendidikan
8. Unggul dalam standar penilain yang akurat, valid dan reliable
MISI SEKOLAH
Untuk mewujudkan visi sekolah sebagaimana terurai di atas, maka SMP Muhammadiyah 2 Medan mempunyai misi-misi sebagai berikut :
1. Mengembangkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran dan bimbingan
2. Meningkatkan penguasaan dan profesional guru dalam melaksanakan manjemen pembelajaran efektif.
3. Melaksanakan berbagai pelatihan guru dengan nuansa ”achivement motivation training”.
4. Meningkatkan penguasaan pendekatan pembelajaran dengan contectual teaching and learning.
5. Membiasakan siswa dan guru untuk memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi ( komputer dan internet ) sebagai salah satu media dan sumber belajar.
6. Mengembangkan multi metoda dan strategi pembelajaran aktif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan ( Joyful Learning ).
7. Mendorong tumbuhnya minat menulis di kalangan siswa dan guru.
8. Mengembangkan minat baca dan berdiskusi di kalangan siswa melalui fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar secara optimal.
9. Mengembangkan program yang memungkinkan guru dan siswa melakukan pengembangan kreatifitas.
10. Mengembangkan pelayanan dan fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar secara optimal.
11. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa dapat mengembangan kompetensinya (hasil belajarnya) secara optimal.
12. Membantu setiap siswa untuk mengenali potensinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal .
13. Mengembangkan jaringan informasi akademik di lingkungan (internal) sekolah
14. Mengimplementasikan model manajemen partisipatorik melalui langkah-langkah yang jelas dalam perencanaan, penorganisasian, pelaksanaan dan control terhadap program yang dikembangkan
15. Mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah
16. Meningkatkan Kompetensi Guru dan TU sehingga mampu memberikan pelayanan kontribusi yang optimal bagi pencapaian tujuan sekolah
17. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja guru dan TU secara berkala dan periodik
18. Melaksanakan supervisi klinis secara periodik dan konstruktif
19. Menggalang berbagai sumber dana dan melalui jalinan kerjasama dengan Komite Sekolah, perorangan, lembaga lain yang dapat menjadi penyandang dana
20. Mengembangkan perangkat model-model penilaian pembelajaran
21. Mengimplementasikan model-model dan jenis evaluasi pembelajaran secara efektif
22. Mengembangkan instrumen dan perangkat test untuk berbagai model evaluasi
23. Menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat dan kompleksitas permasalahan anak
24. Mengembangkan metode dan strategi pembelajaran untuk semua mata pelajaran
25. Mengembangkan strategi penilaian dan tindak lanjut hasil penilaian yang konstruktif
26. Mengembangkan sumber dan bahan ajar yang kontributif bagi pencapaian kompetensi siswa
27. Meningkatkan dan mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran
28. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan siswa
29. Mengembangkan sarana yang dapat menunjang kreativitas siswa sesuai dengan bakat dan minatnya